Tak ada Suspect Positif Corona, Ini Pesan Menkes

MAKASSAR, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) DR dr Terawan Agus Putranto,Sp Rad (K) menegaskan tidak ada penderita (suspect) yang positif terkena virus Corona.

Hal itu dikemukakan Terawan di sela kegiatan Ramah Tamah dan Silaturrahmi dengan jajaran tim kesehatan RS Wahidin Sudirohusodo, RS Pusat Jantung Koroner dan Dinas Kesehatan setempat di Makassar, Minggu.(26/1 2020)

"Tidak ada yang disuspek, ayo hidup sehat, jaga kesehatannya tidak akan ketularan," ujarnya kepada wartawan.

Mengenai ada penyebaran virus corona yang mengkhawatirkan masyarakat, Menkes mengatakan, itu tidak ada, jadi informasi yang berkembang itu hoaks.

Karena itu, lanjutnya, menjaga kesehatan adalah hal utama agar tidak menularkan atau pun tertular virus yang menakutkan banyak orang.

""Yang jelas, kewaspadaan tinggi dengan cara hidup sehat. Dengan hidup sehat anda semua akan mencegah terjadinya ketularan dan menularkan," tandasnya.

Sementara menyinggung kebijakan memperlakukan travel warning pada warga Tiongkok ke Indonesia ataupun sebaliknya, tentu akan dijelaskan kemudian .

Namun yang jelas, paparnya, mengenai kebijakan peringatan perjalanan wisata tersebut ditentukan oleh WHO dan yang menjadi representasi pemerintah.

Penyebaran virus corona melalui kontak langsung dengan cairan (sekresi) yang terinfeksi atau percikan ludah. Maksudnya, virus corona menyebar melalui udara saat seseorang bersin atau batuk.

Kekebalan tubuh (imunitas) berkembang segera setelah infeksi namun berkurang secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Pola infeksi ulang (reinfeksi) umum dijumpai, dikarenakan penurunan imunitas dan variasi antigen antarspesies.(ati)

 

BERITA REKOMENDASI