Tak Mau Masuk Terminal, Izin PO Bus Nakal Bakal Dicabut

CIREBON,KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta kepada para pengusaha bus untuk mematuhi segala hal terutama dalam hal keselamatan dan pelayanan.

Direktur Pembinaan dan Keselamatan Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Eddi dalam pernyataannya mengungkapkan saat ini banyak PO bus yang nakal, susah untuk ditertibkan.

Sebagai contoh, Eddi mengaku banyak pengusaha bus yang menurunkan dan naikkan penumpang bukan di terminal. Hal ini jelas mengurang pelayanan angkutan bus.

"Tentang bus tidak masuk terminal, terutama terminal tipe A, kalau terus berulang kami akan cabut izinnya (operasi‎)," kata Eddi, Jumat (9/6/2017).

Setiap tahun, jumlah pengguna bus, terutama saat mudik Lebaran, angkanya menurun. Penurunan ini salah satu sebabnya karena pelayanan dan fasilitas di bus tidak cepat diperbaiki. Alhasil masyarakat beralih menggunakan kendaraan pribadi.

Pengambilalihan pengelolaan terminal tipe A dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat ini dalam rangka memperbaiki pelayanan di moda angkutan umum bus. Untuk itu, dirinya meminta kepada para pengusaha bus untuk tertib dan disiplin sesuai aturan.(*)

BERITA REKOMENDASI