Tanggung Jawab Moral, Hencky Siap Angkat Marwah Partai Demokrat

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Hencky Luntungan, salah satu pendiri Partai Demokrat didesak oleh pendiri lainnya bertanggung jawab terkait gejolak internal yang terjadi saat ini. Para pendiri yang meminta pertanggungjawaban Hencky untuk ‘turun gunung’ itu adalah Prof. Budhi Santoso, Max Sopacoa, Prof. Rompas, Umar Said, Ricky Sofyan dan para pendiri lainnya.

Atas desakan tersebut, Hencky merasa terpangil menyelesaikan permasalahan dalam tubuh partai berlambang Mercy itu dan berjanji akan berupaya mengangkat kembali marwah Partai Demokrat yang terus terpuruk 10 tahun terakhir. “Saya sebagai pendiri kecewa dengan kondisi Partai Demokrat saat ini," katanya di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Hencky mengungkapkan, perjuangannya sejak pertama maju dalam pilpres dan pileg sudah mampu memiliki tiket untuk persiapkan calon presiden. "Alhamdulillah itu sudah terjadi dan mampu mengantarkan putra terbaik pak SBY Presiden dua periode, Tapi sekarang?" tuturnya dengan nada tanya.

Pernyataan itu ia lontarkan saat memberikan arahan pada acara Deklarasi Kesiapannya untuk dicalonkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada Kongres nanti. Hencky menjelaskan, dirinya terpanggil untuk maju dalam bursa calon ketua umum Parta Demokrat dalam waktu dekat ini. Ia merasa dorongan yang datang dari teman-teman seperjuangan menjadi modal utama dalam upaya menyelamatkan Partai Demokrat.

Sebagai pendiri, ia merasa punya beban moral apabila dorongan dari teman pendiri tidak diindahkan. “Saya ‘memaksakan diri’ maju (caketum PD) karena dorongan teman-teman dan adik-adik saya, pendiri dimana? maka saya harus menyampaikan ini kepada teman-teman pendiri dan disamping saya Pak Ricky Sofyan yang semua kenal beliau, pengusaha yang sejak partai ini dibentuk, beliau yang paling banyak membantu," tegas Hencky.
 
Ia juga menyebutkan, ketika ada suara ribut-ribut tentang anjloknya suara partai Demokrat, tentang amburadulnya DPP, yang duluan telepon pada dirinya adalah Prof. Saragih. Apa sih pesannya? Menurut Hencky, "kamu bertanggung jawab".  Bahkan, sampai tadi malam, Prof. Rompas masih telpon dirinya dengan menyarakan, "Kamu harus tanggung jawab."

Jadi, tutur Hencky, ada beban moril bagi dirunya. Atas kondisi inilah, ia siap bertanggung jawab untuk mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum Partai Demokrat mendatang. “Deklarasi ini untuk menyatakan saya sebagai calon, saya tidak pernah menolak, jalankan! tidak perlu ribuan orang," tandasnya. (Ful)

BERITA REKOMENDASI