Tangki Pengangkut Bahan B3 Harus Diuji Kelaikan

JAKARTA (KRjogja.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendesak PT Pertamina dan Asosiasi Pengusaha Transportasi Bahan Berbahaya dan Beracun (APT-B3) untuk melakukan uji kelaikan kendaraan baru pengangkut B3. Termasuk juga di dalamnya tangki yang digunakan untuk mengangkut bahan beracun tersebut.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengaku prihatin dengan faktor keselamatan angkutan bahan B3. "Sudah seharuanya ditetapkan pihak yang melakukan uji berkala terhadap tangki yang digunakan untuk mengangkut bahan dimaksud," katanya saat menyampaikan media rilis, di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Menurut Soerjanto, sampai saat ini tidak ada instansi yang berwenang untuk melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap tangki pengangkut bahan B3. Ia juga mempertanyakan terkait peralatan yang perlu ada pada kendaraan pengengkut B3 disertai penempatannya. 

Soerjanto juga mengemukakan, sampai saat ini Kemenhub belum menetapkan peralatan pendukung yang perlu ada apabila terjadi kecelakaan  atau kebakaran pada kendaraan pengangkut B3. "Peralatan yang ada hanya sebatas alat pemadan kebakaran biasa," ujarnya. 

Padahal, menurut Soerjanto peralatan seperti itu harus ada dan melekat pada kendaraan pengangkut B3. "Jadi tidak hanya untuk bahan yang mudah terbakar saja melainkan juga untuk bahan yang beracun," tegasnya.

Disamping itu, peralatan pendukung ini sangat membantu untuk mengurangi dampak pencemaran bahan B3 bagi lingkungan sekitarnya apabila mobil pengangkut bahan B3 mengalami kecelakaan di jalan. "Pengemudinya juga perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup terhadap bahan B3," ujar Soerjanto.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KNKT juga meminta, Asosiasi Pengusaha Transportasi Bahan Berbahaya dan Beracun (APT B3) untuk segera membentuk Team Tanggap Darurat (Emergency Response Team/ERT) pada kecelakaan angkutan bahan B3. ERT ini tidak hanya terbatas pada moda transportasi jalan saja akan tetapi juga meliputi moda pelayaran, penerbangan dan Kereta Api. (Imd).

BERITA REKOMENDASI