Target Lokasi Pemindahan Ibu Kota Belum Final

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemindahan pusat pemerintahan hingga saat ini masih terus dikaji oleh pemerintah. Hingga saat ini, terdapat tiga provinsi yang menjadi opsi pemerintah untuk memindahkan pusat pemerintahan. Ketiga provinsi tersebut adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. 

Hanya saja, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, tujuan pemindahan ibu kota ini masih belum final. Pemerintah pun masih melakukan kajian lebih mendalam terkait daerah tujuan pemindahan ibu kota ini.

Ini belum final loh ya, mungkin akhir tahun ini final," kata Basuki di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/7/2017). Konsep secara matang nantinya akan dikaji oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kajian lintas kementerian juga akan dilakukan, salah satunya terkait kebutuhan lahan. 

"Jadi misalnya berapa sih untuk government area, penduduknya berapa, pegawai negerinya berapa. Jadi mungkin government itu 30.000 hektare. Tapi ini masih dikaji terus dan masih dalam progres," tuturnya. 
Konsultasi nantinya juga perlu dilakukan bersama kalangan arsitek. Pemerintah pun nantinya akan bergerak setelah Bappenas memutuskan daerah tujuan pemindahan ibu kota. Terkait anggaran, pemerintah masih belum menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan. 

Namun, berdasarkan literatur atau kajian dari negara lainnya, dibutuhkan anggaran sekira Rp200 triliun hingga Rp300 triliun. Namun, literatur ini tidak menjamin berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pemindahan ibu kota. "Kalau menurut literatur ada yang Rp200 triliun, ada yang Rp300 triliun. Tergantung luasnya," tukasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI