Tarif 6 Ruas Jalan Tol Ini Segera Naik

JAKARTA, KRJOGJA.om – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengusulkan kembali rencana kenaikan tarif enam ruas jalan tol. 

Adapun enam ruas jalan tol sebenarnya telah diusulkan untuk mendapatkan tarif baru, namun gagal lantaran belum memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Kepala Badan Pengatur ‎Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, rencana tersebut akan direalisasi dalam waktu dekat, sehingga tarif baru dapat diberlakukan tahun ini.

"Kemarin enam ruas tertunda karena SPMnya belum terpenuhi, tapi ini sudah dilakukan perbaikan dalam waktu dekat kita usulkan kembali," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Sejalan dengan pengusulan kenaikan tarif, BPJT akan melakukan integrasi Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang menjadi salah satu dari enam tol yang diusulkan naik.

"Untuk JORR sambil nanti kita lakukan integrasi karena kita punya program menghilangkan gerbang yang di Meruya sehingga JORR akan jadi satu kesatuan mulai dari akses Tanjung Priok dengan JORR lainnya," paparnya.

Herry melanjutkan, tidak ada perubahan dalam formulasi penghitungan kenaikan tarif. Kenaikan akan mengikutsertakan angka inflasi dari tiap daerah tempat ruas tol tersebut berada.

"Sementara itu ya, yang sisa kemarin. (Kenaikan tarif) akan menyesuaikan inflasi," jelas dia.

Adapun ruas jalan tol yang diusulkan mengalami kenaikan tarif antara lain, Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Tol Padalarang-Cileunyi, Tol JORR Non S, Tol Pondok Aren-Ulujami, JORR W2 Utara, dan JORR S. Serta Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang yang dikelola oleh badan usaha jalan tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Sekadar informasi, akhir tahun lalu, BPJT telah menaikkan tarif pada sembilan ruas jalan tol. Antara lain, Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Tol Belawan-Medan Tanjung Morawa, Tol Cawang-Tomang-Grogol-Pluit, dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit.  Selain itu ada juga Tol Serpong-Pondok Aren, Tol Palimanan-Plumbon-Kanci, Tol Surabaya-Gempol, Tol Semarang ABC dan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan 2. (*)

 

BERITA REKOMENDASI