Tata Kelola Dana Otsus Papua Bakal Dievaluasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin menyatakan akan mengevaluasi secara menyeluruh tata kelola dana otonomi khusus (Otsus) Papua dan Papua Barat agar menyasar efektif bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

Hal itu ia ungkapkan dalam rapat terkait Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat di Istana Wakil Presiden.

“Evaluasi secara menyeluruh terkait tata kelola dan efektivitas penyaluran dana Otonomi Khusus,” kata Ma’ruf dalam keterangan resminya.

Selain mengevaluasi, Ma’ruf mengatakan pihaknya akan menyusun rancangan dan cara kerja baru dalam melaksanakan program percepatan pembangunan di Papua.

Ia bercerita telah menggelar rapat Dewan Pengarah Tim Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu. Rapat itu, kata dia, turut menyamakan persepsi dan menyusun rencana program bidang kesejahteraan yang menjadi kebutuhan riil masyarakat Papua.

Selain itu, Ma’ruf juga berjanji akan mengajak dialog dan berkonsultasi dengan seluruh komponen masyarakat di Papua terkait kebijakan Otsus. Terlebih, kebijakan Otsus Papua jilid I akan berakhir di tahun 2021 ini. (*)

BERITA REKOMENDASI