Tekan Lonjakan Covid, Doni Monardo: Masyarakat Harus Karantina Mandiri Usai Perjalanan

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRjogja.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan dan melakukan karantina mandiri usai melakukan perjalanan. Doni mengakui terjadi trend kenaikan jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit akan bertambah setiap akhir libur lebaran.

“Kita semua harus bekerja keras untuk mengurangi jumlah pasien yang dirawat untuk antisipasi lonjakan kasus,” katanya di Jakarta, Jumat (21/5 2021).

Salah satunya, lanjut Doni, yakni dengan mematuhi protokol kesehatan dan melakukan karantina mandiri selama 5×24 jam bagi mereka yang melakukan perjalanan.

“Salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan dan melakukan karantina mandiri usai melakukan perjalanan,” imbuh dia.

Doni juga memastikan jumlah tenaga medis cukup untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19.

Dalam kesempatan itu Kepala BNPB ini meminta para perangkat pemerintah setempat apabila terdapat lebih dari lima rumah dalam satu Rukun Tetangga (RT) ada yang positif Covid-19, maka posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro (PPKM) di tingkat Kelurahan dapat berinisiatif untuk melakukan micro lockdown.

Dalam kunjungan ini turut mendampingi, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Wiku Adisasmito, dan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia. (ati)

BERITA REKOMENDASI