Teladani Sprit Nabi Muhammad, Jaga Keutuhan NKRI

JAKARTA, KRJOGJA.com- Umat Islam di dunia sudah sepatutnya meneladani nilai-nilai dan sikap keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam menjaga perdamaian dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Teladan itu sangat penting untuk merekatkan keragaman di Indonesia menjadi semangat persatuan agar tidak mudah tercerai berai terutama dari gangguan intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

"Meneladani Nabi Muhmamad  sangat penting sekali karena banyak ahli ataupun pakar yang telah menulis tentang kebesaran beliau bukan disebabkan karena kekuatan harta bendanya, tahtanya atau bala tentara yang dimilikinya. Tetapi kekuatan terbesar dari Nabi Muhammad itu adalah akhlak, budi pekerti, moralitas, mentalitas, spiritualitas, yang dimiliki beliau itu sangat luar biasa," ujar Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Syafii Mufid, MA, di Jakarta, Kamis (22/11/2018)

Syafii Mufid mengatakan, setelah ditinggalkan oleh kedua orang tua yang wafat lalu kemudian diasuh oleh kakek dan pamannya, Nabi Muhammad bisa tampil sebagai sosok pemuda yang sangat dikagumi oleh bangsa Arab khususnya kaum Qurais dengan  mendapatkan gelar dengan sebutan Al Aamin. Yang mana artinya Nabi Muhammad itu adalah orang yang dapat dipercaya yang  mana tidak pernah berbohong, kalau berkata perkataannya benar, kalau berjanji selalu tepati janjinya, dan kalau diberi amanat akan tunaikan amanat itu.

"Meskipun tidak sekolah seperti orang zaman sekarang ini, semua megakui kecerdasan Nabi Muhammad itu melampaui semua kecerdasam yang pernah ada di muka bumi ini. Itu digambarkan dalam sejarahnya, dituturkan oleh para penutur, para penyair yang kemudian melahirkan syair-syair yang sangat luar biasa dan itu dibacakan orang pada saat perayaan Maulid Nabi seperti Barzanji,” ujarnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI