Terapi Plasma Konvalesen Diharapkan Dapat Atasi Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dr. dr. Theresia Monica, R., Sp.An., KIC., M.SI., MM., MARS. dari Fakultas Kedoteran Universitas Kristen Maranatha (UKM) mengatakan, terapi plasma konvalesen merupakan salah satu bentuk dari vaksinasi pasif yang diambil dari pasien sembuh Covid-19. Plasma yang dimiliki pasien sembuh ini mengandung kekebalan tubuh yang cukup tinggi.

“Dengan penanganan yang tepat, terapi ini dapat membantu pasien membentuk antibodi untuk melawan infeksi virus ini. Hanya saja, Antibody contained in the plasma has a function to eliminate the virus not to repair damaged organ,” tukas dr. Monika dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (22/5/2021).

Ia sebelumnya menjadi pembicara dalam webinar internasional bertemakan “Convalescent Plasma Therapy”, menjadi forum menarik yang membahas soal terapi plasma konvalesen (TPK), diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran UKM yang didukung PT Itama Ranoraya Tbk dan PT Terumo Indonesia. Informasi tentang terapi yang melibatkan plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 dan dapat membantu pasien membentuk antibodi untuk melawan infeksi virus ini, sempat menimbulkan pro-kontra.

BERITA REKOMENDASI