Terawan Pastikan Vaksin Nusantara Aman

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meyakinkan publik bahwa Vaksin Nusantara aman. Terawan menjelaskan Vaksin Nusantara berbasis sel dendritik autolog atau komponen dari sel darah putih, yang kemudian dipaparkan dengan antigen dari Sars-Cov-2. Sehingga vaksin Nusantara akan memiliki kegunaan individual terhadap sasaran vaksinasi.

“Saya waktu selaku Menkes berperan serta di dalam kegiatan anak bangsa yang ingin mengembangkan vaksin berbasis dendritik sel. Yang tentunya sifatnya autologus, individual, dan tentunya sangat-sangat aman,” kata Terawan.

Terawan mengatakan dengan inisiatif Vaksin Nusantara, maka diharapkan masyarakat yang masuk dalam pengecualian kriteria vaksin dapat tetap menerima vaksin nusantara. Dengan kondisi itu, maka keberadaan vaksin nusantara diharapkan dapat membantu upaya pemerintah dalam menggenjot vaksinasi guna mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus.

Pengembangan dan uji klinis vaksin itu merupakan kerja sama antara PT Rama Emerald Multi Sukses (Rama Pharma) bersama AIVITA Biomedical asal Amerika Serikat, Universitas Diponegoro, dan RSUP dr. Kariadi Semarang.

Paling tidak bisa mengatasi autoimun, komorbid berat, dan terkendala vaksin lain. Ini menjadi sebuah solusi maupun alternatif yang bisa digunakan,” jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI