Terlibat Banyak Kasus, 47 Prajurit TNI Dipecat

MEDAN (KRjogja.com) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Daerah (Kodam) I Bukit Barisan memecat 47 prajurit. Pemecatan dilakukan karena keterlibatan terhadap narkotika dan desersi.

Kepala Staf Kodam I Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan, 47 prajurit yang dipecat terdiri dari satu perwira menengah, dua perwira pertama, 16 bintara dan 28 tamtama.

"Dari 47 prajurit tersebut, 36 dipastikan melakukan tindakan desersi, sedangkan 11 lainnya terlibat tindak pidana narkotika yang sangat dilarang kesatuan," kata Tiopan dalam upacara pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) di lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Medan, Sumatera Utara, Senin 7/11/2016).

Dalam upacara tersebut, pemecatan 47 prajurit dilakukan secara simbolis. Seorang tamtama Yonif 122/Tombak Sakti, Praka Agus Purba yang terbukti terlibat penyalahgunaan narkotika dilepas baju dinasnya dan diganti kemeja batik.

"Ini sudah inkracht, sudah melewati proses hukum. Setelah dilakukan PDTH ini, mereka dikembalikan ke Lapas. Jika melakukan tindak pidana, ya dikenakan ke pidana umum," kata Tiopan. (*)

BERITA REKOMENDASI