Ternyata, Ini Alasan Tak Berlama-lama Di Rest Area

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat beberapa rest area terutama yang berada di Tol Cikopo-Palimanan mengalami kemacetan yang cukup panjang. Bahkan di rest area KM 130, tercatat kemacetan sekira 15 kilometer (km). 

Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihardjo mengatakan, kemacetan terjadi di rest area karena pemudik berhenti selama berjam-jam sehingga terjadi penumpukan kendaraan. Karena jika dilihat dari infrastruktur di rest area sudah lebih cukup memadai kalau kondisi normal atau pemudik berhenti tidak lebih dari satu jam.

"Ini kan Lebaran, pada dasarnya infrastruktur tidak didesain untuk arus puncak seperti ini, karena Lebaran hanya 10 hari," ungkapnya di Posko Mudik Kemenhub, Jumat (30/6/2017). Menurutnya, infrastruktur terutama di rest area sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. 

Dia menjelaskan infrastruktur bisa saja didesain untuk fasilitasi arus mudik, tapi akan menelan biaya yang cukup tinggi. "Dalam setahun kan mungkin 10 hari atau dua minggu terjadi. Sehingga memang pada dasarnya infrastruktur tidak didesain kondisi arus puncak seperti ini. Bisa saja itu dilakukan, tapi investasinya akan sangat mahal, dan di luar kondisi puncak akan sangat mubazir," tukasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI