Ternyata Masker Tak Efektif Cegah Penularan Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mengenakan masker dan sarung tangan sebagai tindakan pencegahan penularan virus corona penyebab COVID-19 dinilai tidak terlalu efektif dan tak perlu dilakukan. Penggunaan keduanya bahkan disebut dapat menyebarkan infeksi dengan lebih cepat.

Sejak awal hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap menyarankan cuci tangan, hindari menyentuh wajah, dan menjaga jarak dengan orang lain sebagai cara-cara pencegahan penyebaran virus corona.

WHO mengatakan, yang disarankan untuk mengenakan masker adalah mereka yang dicurigai terinfeksi atau Anda yang sedang merawat pasien positif COVID-19.

“Masker punya manfaat yang terbatas untuk melindungi Anda dari risiko infeksi. Kami menegaskan, hal terpenting yang dapat dilakukan semua orang adalah mencuci tangan, menjauhkan tangan dari wajah, dan menjaga kebersihan dengan baik,” ujar Direktur Kedaruratan WHO, Mike Ryan.

Saran ini disampaikan secara mendesak mengingat minimnya ketersediaan masker di seluruh dunia untuk tenaga kesehatan. WHO memprediksi, dunia akan membutuhkan setidaknya 89 juta masker setiap bulan dalam menangani COVID-19.

Kekurangan masker bagi para tenaga kesehatan justru akan memperburuk dan membuat pandemi terus berlanjut. Sayangnya, pesan mengenai manfaat masker belum sampai ke semua orang. (*)

BERITA REKOMENDASI