Tiga Bakal Capres Pilihan NasDem Mancuat, Ada Nama Anies Baswedan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tiga nama calon presiden mencuat setelah Partai NasDem menyerahkan tiga nama bakal calon presiden (capres) 2024 kepada sang Ketum Surya Paloh. Rencananya partai ini akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada 15-17 Juni mendatang di Jakarta. Dalam rakernas tersebut salah satu agenda yakni menyerahkan tiga nama bakal capres 2024 ke Ketum Surya Paloh.

“Kriterianya bagus-bagus semua. Ada kepala daerah, ada menteri juga,” kata Bendahara Umum DPP NasDem Ahmad Sahroni.

Dari tiga nama capres yang diserahkan nantinya Surya Paloh akan menentukan siapa calon yang bakal diusung NasDem di 2024. Penyerahan dan penentuan nama capres ini, tentunya akan menjadi arah koalisi nasDem 2024.

“Nanti akan diserahkan ke Pak Surya, Pak Surya yang menentukan siapa yang akan beliau pilih, dan teknis waktu nanti kita serahkan ke Pak Surya karena sekaligus juga membangun koalisi pengusung,” kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya.

Sementara itu pakar politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam memperediksi tiga nama tokoh bakal muncul dalam rekernas NasDem, Tiga tokoh tersebut diantaranya Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Erick Thohir.

“Sejak awal, Anies memiliki kedekatan dengan NasDem. Sedangkan Ganjar dinilai memiliki visi yang sesuai dengan NasDem, tapi berpotensi memunculkan resistensi politik dari PDIP. Sedangkan Erick memiliki kedekatan dengan sejumlah elemen internal NasDem karena faktor logistik saja, namun fakta menunjukkan elektabilitas Erick masih sangat rendah,” ujarnya.

Lebih mengerucut, Umam menyebut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpeluang besar berada dalam daftar yang disodorkan ke Surya Paloh. (*)

BERITA REKOMENDASI