Tiga Calon Ibu Kota, Semuanya di Luar Jawa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyebut ada tiga lokasi yang menjadi calon kuat ibu kota baru Indonesia. Seluruhnya berada di luar Jawa.

"Tiga lokasi di luar Jawa," tegas Bambang usai menghadiri Outlook Pasar Modal 2018 di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (14/12/2017) malam.

Saat dikonfirmasi mengenai tiga lokasi di Kalimantan disebut-sebut kandidat ibu kota baru Indonesia, mantan Menteri Keuangan itu kukuh tidak mengungkap lokasi tersebut. "Pokoknya saya tetap pada posisi mau berapapun lokasi, tetap di luar Jawa," ujar Bambang.

Dia menargetkan, kajian atau studi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa akan selesai pada akhir tahun ini. Selanjutnya, hasil kajian itu akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan demikian, Bambang belum dapat memastikan kapan pemindahan ibu kota dapat diwujudkan karena masih harus didiskusikan dalam Sidang Kabinet.

"Akhir tahun ini (kajian) diselesaikan. Langsung kemudian disampaikan ke Presiden, dan tentunya Presiden akan berdiskusi dengan kami. Nanti harus dibicarakan dulu di kabinet baiknya bagaimana," terangnya.

Bambang mengaku, dalam proses penyusunan kajian, Bappenas sudah melakukan diskusi rutin dengan akademisi dan profesi keahlian. "Di hasil kajian ada perkiraan dananya dan bagaimana skema yang bisa meringankan beban pemerintah, yakni kerja sama dengan swasta," tandas Bambang.(*)

BERITA REKOMENDASI