Tiga Kali Erupsi, Status Gunung Agung Masih Siaga

KARANGASEM, KRJOGJA.com  – Gunung Agung belum stabil, masih terus terjadi erupsi, meski pun begitu pihak Pusat Vulukanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) hingga saat ini belum ada rencana menaikkan status gunung yang ada di Karangasem dari level III (siaga) ke level IV (awas).

Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan, belum ada rencana menaikkan status, pasalnya erupsi yang terjadi hingga 3 kali tersebut masih dalam skala kecil.

BACA JUGA : 

Erupsi Gunung Agung Tak Hambat Gelaran IMF-World Bank

Debu Vulkanik Erupsi Gunung Agung Tak Terdeteksi

"Belum ada rencana dinaikkan status. Saat ini status Gunung Agung masih siaga. Erupsi yang terjadi saat ini masih dalam skala kecil atau rendah. Data-data instrumen yang lainnya juga belum menunjukkan adanya indikasi erupsi yang lebih besar lagi," kata Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Agung Rendang, Karangasem, Senin (2/7/2018).

Dia menegaskan, untuk itu peningakatan status ke awas belum ada pasalnya potensi erupsinya masih kecil. "Bahaya radiusnya masih berada di 4 KM dari Gunung Agung," jelasnya.

Kasbani menjelaskan, bahwa tadi pagi Gunung Agung terjadi erupsi sebanyak tiga kali. "Potensi untuk erupsi lagi masih terjadi kapan saja, seperti tahun lalu," paparnya.

Selain itu, dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari dan tidak beraktivitas radius 4 km dari Gunung Agung. (*)

BERITA REKOMENDASI