Tiga Negara Ini Sering Tuding Indonesia Bertindak Curang, Termasuk Amerika

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tiga negara diketahui sering menuduh pemerinta Indonesia bertindak curang dalam hal perdagangan (unfair trade) dan menerapkan instrumen trade remidies. Tiga negara tersebut masing-masing India, Amerika dan Australia. Sedangkan untuk regional yakni Uni Eropa dan Asean.

Ttrade remedies adalah instrumen yang digunakan negara untuk melindungi industri dalam negeri dari kerugian akibat praktik perdagangan tidak sehat, yang bentuknya bisa berupa bea masuk antidumping (BMAD) maupun bea masuk tindak pengamanan sementara (BMTP) atau safeguards.

“Negara-negara yang paling sering menuduh Indonesia dengan instrumen trade remedies ini, tercatat adalah India sebanyak 54 kasus, Amerika Serikat 37 kasus, Uni Eropa 37 kasus, ASEAN 34 Kasus, dan Australia 28 kasus,” kata Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina.

Ia melanjutkan, produk-produk Indonesia yang paling rentan jadi sasaran tuduhan dumping dan subsidi di antaranya adalah baja, tekstil, kayu, produk kimia dan mineral. Produk baja menerima tuduhan tindakan dumping atau subsidi sebanyak 63 kasus, sementara tekstil 55 kasus, kayu 52 kasus, produk kimia 50 kasus, dan produk mineral 37 kasus. (*)

BERITA REKOMENDASI