Tiga Pebasket Naturalisasi Resmi WNI, Didaftarkan untuk Kejuaraan FIBA Asia 2021

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com– Sebanyak tiga pebasket naturalisasi yakni Marques Bolden, Dame Diagne dan Serigne Modou Kane telah mengucap sumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Senin (19/7/2021).

Ini tentu saja berita gembira bagi timnas basket Indonesia yang akan berlaga dalam kejuaraan basket FIBA Asia 2021 yang akan diselenggarakan di Jakarta Agustus mendatang.

Pengambilan sumpah dilakukan di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia DKI Jakarta oleh Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

“Alhamdulillah proses naturalisasi sudah beres, mereka bisa didaftarkan untuk FIBA Asia 2021,” ujar Manajer tim nasional Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, dilansir laman IBL.

Dalam peraturan FIBA setiap negara hanya boleh menyertakan satu pemain naturalisasi, namun Dame dan Serigne bukan dianggap pemain naturalisasi karena mereka mendapatkan kewarganegaraan pada usia 16 tahun.
Sebelumnya Indonesia sudah melakukan naturalisasi pada Lester Prosper.

“Lester dan Marques masih akan terus mengikuti seleksi, nanti Coach Rajko Toroman yang akan menentukan pilihan sesuai kebutuhan,” kata Mocha, sapaan Maulana.  “Mereka berdua kini memang bersaing tetapi persaingan yang sehat.”

Timnas Indonesia juga berencana melakukan uji coba sebelum FIBA Asia Cup digelar Agustus mendatang. “Kami masih menunggu calon lawan tanding dari FIBA Asia. Uji coba akan dilakukan di Jakarta,” terangnya. (Rar)

BERITA REKOMENDASI