Tiga WNI Gagal Dievakuasi dari Wuhan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pemerintah masih terus memantau kondisi tiga WNI di Provinsi Hubei, China, yang sempat tidak lolos pemindaian atau screeningkesehatan terkait penyebaran virus corona. Karena tak lolos, mereka gagal dievakuasi ke Indonesia awal Februari lalu.

Terawan mengatakan ketiga WNI itu juga dalam pemantauan oleh pemerintah China. Ia memastikan Kedutaan Besar Indonesia di China turut memantau perkembangan kesehatan mereka sampai saat ini.

“Dia dipelihara kesehatannya oleh pemerintah sana dan terhubung terus dengan konsulat kita, juga kedutaan besar kita,” kata Terawan.

Soal evakuasi mereka dari Wuhan, Terawan mengatakan tidak bisa dilakukan. Selain karena Wuhan masih diisolasi, status darurat corona ‘A Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)’ belum dicabut oleh World Health Organization (WHO).

“Selama masih PHEIC. Bagaimana caranya? Ditutu semua,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan tiga WNI itu tak lolos pemeriksaan karena ketika itu suhu badannya melebihi batas normal. (*)

BERITA REKOMENDASI