Tiket Pendakian Ijen Bisa Dibeli Online

BANYUWANGI, KRJOGJA.com – Seluruh aspek terus didorong menuju era digital. Termasuk juga pariwisata. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi berbasis telepon pintar untuk memesan tiket online masuk kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

Kepala BKSDA Jatim wilayah V (Banyuwangi) Sumpenah mengatakan jika aplikasi tersebut masih dalam tahap uji coba. Tepatnya dimulai awal Desember 2018 hingga Maret 2019. Sumpenah mengatakan, aplikasi Ijen Blue Fire itu sudah bisa diunduh di Google Playstore. Namun sistem pembayaran transfer belum berlaku, dan hanya bisa secara tunai kepada pos tiket di Paltuding (rest area Puncak Ijen).

"Tiket sudah bisa dipesan online, namun pembayaran masih manual (cash) karena masih kita matching-kan, karena harus sesuai dengan beberapa aturan dan sistem," kata Sumpenah, Sabtu (5/1).

Nantinya, aplikasi gawai pemesanan tiket online mendaki puncak Ijen itu akan resmi berlaku efektif April 2019. Saat itu diharapkan pembayaran juga sudah bisa dilakukan dengan transfer bank saat pendaki memesan secara online. 

"Sosialisasi sejak Desember diharapkan cukup waktu untuk mengetahui dan menyesuaikan bagi agen travel, masyarakat, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan," katanya.

Pembangunan aplikasi pemesanan online tiket mendaki Ijen juga sebagai upaya membatasi jumlah pengunjung. Pasalnya Taman Wisata Alam (TWA) Ijen dikelilingi Cagar Alam Pegunungan Ijen yang sensitif terhadap banyaknya wisatawan. 

Sumpenah mengatakan mengenai berapa jumlah maksimal wisatawan yang boleh mendaki Puncak Ijen per hari masih dalam pembahasan BKSDA. Belum ada perkiraan kapan pembahasan dan kajian akan selesai dan memutuskan mengenai angka pembatasan jumlah wisatawan per hari yang boleh naik Ijen. (*)

 

BERITA REKOMENDASI