Tim Draft Kuliah dari Wanagama UGM Memenangi Lomba Video Sinematik Lingkungan 

Editor: Ary B Prass

Karya-karya peserta yang disampaikan kepada panitia, tidak hanya bagus tetapi juga memberikan masukan dan gagasan baru terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Melalui pemenang Karya Tulis Lingkungan, didapatkan pelajaran bahwa anak usia muda, telah mampu memberikan masukan dan juga gagasan yang bersifat solutif terkait lingkungan.

Pelaksanaan Lomba Video Sinematik Lingkungan adalah upaya untuk memberikan wadah kretifitas bagi konten kreator dan sineas muda agar berani menyuarakan isu lingkungan melalui karya mereka. Karya yang dihasilkan tidaknya mampu bercerita mengenai permasalahan lingkungan dan hutan yang ada di masyarakat, tetapi juga solusi yang dapat diimplementasikan.

Lomba Desain Pemulihan Lingkungan tahun ini adalah hasil pengembangan dari Lomba Desain IPAL tahun lalu. Lomba Desain Pemulihan ini tahun ini juga tidak hanya mempertimbangkan kelayakan desain pemulihan dan aspek pemulihan fungsi lingkungan tetapi juga memasukan komponen penilaian aspek pemberdayaan masyarakat dan aktivitas ekonomi pasca pemulihan serta pengarustamaan gender. Pembaruan komponen penilaian tersebut, semakin memperkuat agar pemulihan yang dilakukan tidak hanya memiliki nilai manfaat bagi lingkungan tetapi juga untuk kesejahteraan masyarakat lokal serta mencerminkan inklusivitas.

Pelaksanaan lomba tahun ini tidak hanya sekedar menerima karya dan melakukan penjurian. Ditjen PPKL juga memberikan amunisi bagi peserta melalui webinar-webinar yang mendukung penyelesaian karya peserta melalui tajuk Webinar Kita Bincang “KITA BISA” antara lain Webinar Pemulihan Lingkungann, Constructed Wetland, Pembuatan Karya Tulis, dan Pembuatan Konten Kreator.

Pelaksanaan Lomba Peringatan Hari Lingkungan Hidup diharapkan dapat dilanjutkan di tahun selanjutnya sekaligus menjadi ciri khas bagi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu, pelaksanaan lomba di tahun selanjutnya dapat menjadi lebih kompetitif dan berkualitas serta bisa menjadi wadah inkubasi bagi generasi muda untuk lebih mengenal upaya pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Akhir kata, Menteri LHK mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba yang tadi sudah diumumkan. Selain itu apresiasi  diberikan juga kepada para peserta lomba yang sudah   berpartisipasi. “Tentu kita semua berharap untuk tetap  selalu bersemangat dan terus peduli pada permasalahan lingkungan hidup, sebagai bagian kehidupan keseharian dan diantaranya penitng sebagia sistem penopang kehidupan atau life support system yang cukup vital bagi kehidupan manusia,” ucap Siti. (Ogi)

 

 

BERITA REKOMENDASI