Tips Investasi Warren Buffett Bagi Pemula Agar Menjadi Investor Sukses

Editor: KRjogja/Gus

Sahabat Pegadaian, apakah Anda termasuk investor pemula yang baru saja mulai atau belum lama berinvestasi?. Jika iya, maka teruskan saja langkah Anda dan jangan pernah ragu untuk terus berinvestasi. Karena terdapat beberapa tips investasi Warren Buffett yang sangat patut untuk Anda tiru dan terapkan.

Warren Buffett merupakan seorang investor handal dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia karena kemampuannya berinvestasi di berbagai perusahaan. Anda juga bisa meniru berinvestasi untuk menjaga aset di masa depan, misalnya saja dengan menabung emas. Karena simulasi tabungan emas memiliki nilai yang relatif naik tiap tahunnya. Setiap kali berinvestasi, Warren Buffett selalu melakukan strategi yang bijak. Ia melakukan berbagai langkah dengan hati-hati, namun tetap tepat saat membeli saham di suatu perusahaan.

Kepandaian serta kehati-hatian dalam berinvestasi itulah yang menjadikan Warren Buffett terkenal sebagai investor sukses. Tips Investasi Warren Buffett yang Patut Dicontoh Investor Kesuksesan Warren Buffett dalam berinvestasi membuat banyak orang penasaran sekaligus kagum. Hal tersebut tidak lepas dari strategi jitu yang ia gunakan dalam berinvestasi.

Bahkan kesuksesannya itu membuat banyak orang mengikuti langkah pemilik Berkshire Hathaway ini. Biasanya Warren Buffett akan berinvestasi pada perusahaan yang tidak terlalu diperhitungkan orang lain. Ia termasuk investor yang memiliki pertimbangan baik dan sangat teliti dalam menentukan jenis investasi yang akan dilakukannya. Hal yang bisa Anda pelajari dari sosoknya adalah ketika berinvestasi dalam sebuah perusahaan, maka jadilah seorang pemilik.

Butuh kesabaran serta dedikasi untuk konsisten dalam berinvestasi agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Jangan pernah sekali-kali berpikir bisa menjadi orang kaya dalam waktu singkat.

Nah, agar bisa sukses dalam berinvestasi, berikut tips investasi ala Warren Buffett yang bisa Anda contoh.

Cari Bisnis dan Investasi yang Sekiranya Bisa Bertahan Lama

Tips dalam berinvestasi yang pertama yaitu mencari investasi yang awet. Jangan buang-buang waktu berharga Anda hanya untuk bermain dengan investasi musiman. Investasi pada sesuatu yang sedang booming memang akan menghasilkan profit besar dalam waktu singkat. Namun keuntungan tersebut tentunya tidak bisa bertahan lama. Jika Anda mencari keuntungan yang bisa awet dan stabil, sebaiknya carilah juga investasi yang awet. Memilih investasi jangka panjang bisa menjadi solusi yang mampu memberi keuntungan setiap waktu. Sebagai contoh, Warren Buffett memilih investasi di saham perusahaan teknologi, Coca Cola dan gas. Ketiga sektor ini masih terus menghasilkan keuntungan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan sebelum memutuskan berinvestasi di perusahaan tersebut, Buffett sudah melakukan riset mendalam sebelumnya.

Berinvestasi pada Hal yang Anda Tahu

Tips investasi Warren Buffett selanjutnya yaitu dengan memahami bidang untuk berinvestasi. Banyak orang yang berpendapat bahwa investasi sama halnya dengan membeli kucing dalam karung. Anda tidak akan tahu berapa besar keuntungan yang akan didapat sebelum membelinya. Untuk meminimalisir kegagalan, berinvestasilah pada hal yang Anda ketahui. Saat berinvestasi akan lebih aman jika bermain di investasi yang sudah Anda pahami. Dengan begitu, Anda bisa memahami pola pergerakan investasi dan melakukan tindakan yang lebih cepat. Dalam mencoba hal baru, belajarlah yang banyak terlebih dahulu. Cari sebanyak- banyaknya informasi dari berbagai referensi. Apabila sudah yakin, barulah bisa berinvestasi di bidang tersebut.

Jangan Berinvestasi Saat Tidak Yakin

Saat Anda tidak yakin ketika ingin berinvestasi, sebaiknya jangan nekat untuk melakukannya. Langkah ini merupakan tips investasi yang aman dari Warren Buffett. Jika ingin menjadi investor yang handal dan sukses, belajarlah untuk melakukan segala sesuatu di saat sudah merasa yakin.

Apabila tidak ada perusahaan yang sesuai dengan keinginan atau kriteria, jangan terburu-buru untuk berinvestasi. Simpan uang yang Anda miliki dan investasikan jika sudah mengetahui kapan saat yang tepat untuk berinvestasi pada bidang yang tepat.

Cari Informasi Secara Menyeluruh

Salah satu tips Warren Buffett saat akan melakukan investasi yaitu sebaiknya investor tidak malas untuk melakukan background check. Poin ini sangat perlu agar Anda tahu prospek dan nilai dari sebuah perusahaan. Jangan asal percaya saat berinvestasi dan hanya bermodal nilai saham yang tinggi saja. Lihat dan pahami seperti apa prospek perusahaan untuk kedepannya, apakah berpotensi menguntungkan
atau justru sebaliknya.

Kontrol Emosi Agar Tetap Tenang

Di masa yang sulit, kebanyakan investor akan panik dan menjual aset miliknya tanpa pikir panjang. Mereka takut akan mengalami kerugian jika tidak segera menjual aset miliknya. Banyak yang tidak tahu jika langkah semacam ini justru akan membuat investor rugi besar. Sama halnya dengan adanya saham investasi yang booming. Jangan langsung tergiur dan membeli saham tanpa melakukan riset maupun penilaian lebih dalam. Dalam berinvestasi, Buffett selalu bertindak dengan bijak. Ia tidak membiarkan emosinya ikut andil saat sedang bekerja.

Tips investasi Warren Buffett inilah yang menjadikan segala pilihannya lebih tepat serta rasional. Hal ini juga harus Anda terapkan saat akan melakukan investasi. Sehingga tidak perlu terburu-buru saat mengambil tindakan dan tetap kontrol emosi saat berinvestasi.

 

BERITA REKOMENDASI