Tips Membeli Laptop Khusus untuk Pelajar, Tunjang Pembelajaran Online Makin Lancar

Editor: Agus Sigit

Setahun terakhir, pemerintah menginstruksikan sekolah-sekolah untuk melakukan pembelajaran daring dibandingkan tatap muka. Hal tersebut terpaksa dilakukan supaya anak-anak bisa belajar tanpa keluar rumah saat pandemi corona. Sejak saat itulah, anak-anak diminta untuk terbiasa dengan teknologi. Berbagai tugas atau pembelajaran dilakukan secara online.

Dengan semuanya serba online, anak-anak pun membutuhkan alat yang lebih mumpuni dibandingkan smartphone. Pilihannya jatuh pada berbagai laptop dengan harga yang lebih terjangkau namun bisa digunakan mengikuti berbagai pelajaran. Salah satu yang paling banyak dipilih adalah laptop Acer.

Secara general, jika Anda hendak membeli laptop untuk penunjang sekolah daring untuk anak-anak, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Mari ikuti ulasannya sebagaimana berikut ini.

  1. Pertimbangkan Ukuran Layar dan Berat

Untuk anak-anak pelajar, SD, SMP atau SMA pertimbangkan ukuran layar yang dipilih. Mulai dari ukuran 11 hingga 14 inci. Sekarang ini sudah banyak vendor laptop yang mengeluarkan produknya dengan desain yang travel friendly, ukuran layarnya tidak terlalu besar dan tipis namun kokoh. Jadi sangat memudahkan mobilitas.

Sementara beratnya pilihlah maksimal 2 kg. Pilih yang mudah dibawa dan tidak terlalu berat. Belajar di satu tempat saat akan membuat anak-anak mudah bosan. Jadi jika memiliki ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat gampang untuk dipindahkan.

  1. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Kebutuhan laptop anak-anak sekolahan masih tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan mahasiswa atau para pekerja. Maka dari itulah, Anda bisa membeli laptop sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika memiliki banyak budget bisa beli laptop dengan spesifikasi tinggi.

Namun sebaliknya, jika memiliki budget pas-pasan, bisa pilih laptop dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Membeli yang mahal-mahal spesifikasi tinggi akan mubazir, jika akhirnya hanya digunakan untuk mengetik atau malah menonton drama Korea saja.

  1. Kualitas Kamera

Dengan masih dilakukannya sekolah online, Anda perlu memilih laptop dengan kualitas kamera yang bagus. Bisa untuk menangkap pelajaran dengan lebih jelas saat Zoom atau Google Meet. Setiap laptop memiliki kualitas kamera yang berbeda-beda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan.

Guna mengantisipasi kamera laptop rusak, Anda bisa membeli versi portable. Apalagi sekarang ini banyak sekali webcam portabel yang tinggal di instal saja. Tampilan kamera lebih jernih, membuat pelajaran bisa diikuti dengan baik.

  1. RAM dan CPU

Kelas pelajar, karena aktivitasnya tidak seheboh programer atau desain grafis, Anda bisa memilih untuk beli laptop dengan RAM sebesar 4GB. Namun jika jurusan anak membutuhkan laptop spesifikasi yang lebih canggih, belilah yang memiliki RAM 8GB ke atas.

Lalu bagaimana dengan CPU-nya? Dalam hal ini kinerja dari laptop akan sangat penting. Versi sekarang ini, sudah cukup memiliki laptop yang ditenagai CPU Intel Core i5, lebih tinggi akan semakin baik lagi. Tapi jika hanya untuk menulis saja, prosesor yang sederhana sudah mumpuni. Bisa Intel Atom, CPU Intel Core i3, dan versi standar lainnya.

Karena inilah, penting juga mengetahui tujuan utama membeli laptop. Misalnya jika hanya digunakan untuk zoom atau mengetik, versi standar sudah cukup. Namun jika anak-anak memiliki jurusan multimedia (membuat animasi, suara, video) atau berhubungan dengan laptop lainnya, pilih yang spesifikasi lebih tinggi.

  1. Pilih Laptop yang Bisa Digunakan Berjam-jam

Membuat belajar semakin nyaman, pilihlah laptop yang bisa digunakan selama berjam-jam. Oleh sebab itulah, perhatikan juga besaran baterai yang dimiliki sebuah laptop sebelum membeli. Apakah hanya bertahan 1 jam, 5 jam, atau bisa berjam-jam.

Jika laptop bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, anak-anak tidak perlu repot-repot mengisi ulang berkali-kali. Apalagi laptop perlu dibawa ke tempat-tempat yang minim dengan listrik.

  1. Memiliki Penyimpanan Sudah SSD

Dalam hal penyimpanan data, guna menunjang kerja prosesor lebih baik lagi pilihlah yang sudah Solid State Drive atau SSD. Jangan ambil yang masih HDD ya. Dengan penyimpanan tersebut, memudahkan jika akan melakukan multitasking. Banyak membuka tab pun, laptop akan berjalan sesuai dengan lancar.

Jika dirasa memori untuk menyimpan berbagai data masih kurang, Anda bisa meletakkannya di cloud secara online. Banyak sekali penyimpanan online yang bisa dipilih, mulai dari Google Drive, DropBox, Mediafire, Onedrive dan lain sebagainya. Jika tidak mau menyimpan secara online, Anda juga bisa membeli memori external.

  1. Pilihlah Laptop yang Bergaransi Resmi

Seperti produk elektronik lainnya, guna berjaga-jaga dengan laptop yang dibeli, carilah merek-merek yang tawarkan garansi resmi. Jadi, saat membeli tanyakan apakah ada garansinya. Cari tahu juga, apakah lokasi garansi tersebut ada di sekitar rumah Anda. Nanti jika terjadi kerusakan saat masa garansi bisa dengan mudah ditangani.

Masa garansi setiap laptop bervariasi, tergantung merek yang dibeli. Ada yang 1 tahun, 2 tahun, bahkan bisa juga lebih. Pelajari juga kebijakan garansi yang ditetapkan merek laptop yang dibeli. Jadi, Anda tidak akan bingung lagi jika masalah terjadi.

Itulah deretan tips membeli laptop untuk para pelajar. Maka dari itulah penting untuk mencari informasi mengenai laptop yang akan diburu. Tentukan spesifikasi yang diinginkan, dengan budget yang sudah ditetapkan, nantinya akan banyak pilihan yang tersedia. Tinggal pilih mana yang relevan dengan berbagai kebutuhan sekarang.

Jika Anda ingin beli laptop Acer yang banyak dipilih untuk belajar online, langsung cek harganya dan beli dengan mudah lewat Blibli. Harganya bervariasi dan bisa dipilih sesuai budget untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran daring pelajar masa kini.

 

BERITA REKOMENDASI