Tips Wisata Seru Bareng Anak Naik Bus Shuttle

Editor: Ivan Aditya

SAAT ini liburan sudah seperti kebutuhan keluarga. Tentunya, aktivitas pelesir ini tetap harus disesuaikan dengan keadaan ekonomi masing-masing. Dengan traveling, Anda bisa mengajarkan anak-anak hal baru dan melatih mereka menjadi lebih mandiri. Disadari atau tidak, liburan juga akan membuat anak tidak manja, lebih punya empati dan lebih peduli dan pada sesama.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan transportasi atau bus shuttle saat liburan. Bila naik bus jarak jauh atau lintas provinsi, Anda perlu mempersiapkan semuanya dengan matang. Apa saja tips liburan seru bareng anak naik bus shuttle? Berikut rangkumannya untuk Anda!

1. Beli Tiket Sebelum Keberangkatan

Pertama-tama, Anda harus membeli tiket bus yang akan Anda tumpangi bersama anak-anak. Agar lebih nyaman, sebaiknya pilihlah waktu keberangkatan bus saat malam hari, agar anak-anak Anda dapat beristirahat di sepanjang perjalanan. Ada beragam pilihan bus travel yang bisa Anda jadikan pilihan. Tentukan jadwal bus travel, pilihan tempat keberangkatan, fasilitas, trayek dan harga tiket.

Berlibur dengan anak khususnya naik bus antar provinsi sudah pasti akan repot. Tapi hal itu sepadan dengan benefit yang bisa didapatkan. Anak akan aktif bergerak karena bepergian dengan bus shuttle tentu lebih menantang daripada naik mobil pribadi. Supaya perjalanan lebih lancar, Anda sebaiknya tahu kursi mana yang tepat untuk anak. Hal itu bisa berpengaruh pada kenyamanan karena jika Anda salah pilih tempat duduk, bisa-bisa perjalanan Anda bersama anak jadi tidak nyaman dan bisa mabuk darat.

2. Siapkan Kondisi Fisik

Liburan jarak jauh dengan menggunakan bus shuttle, sudah pasti akan menguras tenaga buah hati Anda. Oleh karena itu, pastikan anak-anak tetap dalam kondisi yang fit dan sehat agar liburan bisa berjalan lancar. Persiapkan fisik anak Anda dengan baik beberapa hari sebelum keberangkatan.

Kondisi fisik anak yang kurang fit bisa membuat anak rewel saat di perjalanan dan berisiko untuk terjadi sakit. Hal ini tentu bisa menghambat perjalanan keluarga Anda. Meski anak-anak berada dalam keadaan yang sehat, jangan lupa untuk membawa vitamin, obat-obatan, minyak kayu putih dan obat-obatan lainnya sebagai langkah antisipasi. Fisik yang sehat akan membuat anak Anda menikmati perjalanan di bus dengan ceria.

3. Pilih Kursi Dekat Jendela

Meski Anda merencanakan pergi dengan bus shuttle saat malam hari, ada baiknya jika Anda memilih kursi yang berada di dekat jendela agar anak-anak bisa duduk dengan nyaman tanpa harus terganggu dengan orang-orang yang berlalu lalang di bus. Untuk mengurangi rasa jenuh selama perjalanan di bus, duduk di dekat jendela juga bisa menjadi pilihan tepat.

Selain cukup efektif untuk mencegah terjadinya mabuk darat, Anda dan anak-anak bisa melihat kondisi jalan dan pemandangan diluar jendela selama perjalanan. Seru sekali kan? Selain itu, agar anak Anda bisa tidur lelap sepanjang perjalanan di malam hari, sebelumnya anak tak perlu tidur siang dulu sebelum melakukan perjalanan.

4. Bawa Perlengkapan Anak Dan Camilan

Liburan bersama anak tentunya Anda harus memperhatikan perlengkapan yang harus dibawa untuk anak Anda. Sebaiknya, Anda membawa jaket atau sweater untuk anak sebagai antisipasi dinginnya angin malam atau AC. Jangan lupa bawa kaos kaki ekstra agar anak tidak kedinginan dan bebas masuk angin.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi anak yang tiba-tiba lapar ditengah jalan, bawalah camilan dan makanan ringan untuk anak. Bawa pula air minum yang cukup agar anak tidak rewel di perjalanan karena kehausan.Untuk mengatasi bosan selama perjalanan jauh, Anda juga bisa membawa buku cerita atau mainan kecil sebagai alternatif supaya anak Anda merasa nyaman sepanjang perjalanan.

Itu tadi tips liburan seru bareng anak naik bus shuttle. Bagaimana? tertarik liburan bersama anak dengan bus shuttle? Kini Anda bisa memesan tiket bus dan travel semudah belanja online tanpa perlu ke agen tiket bus. Temukan jadwal bus travel, trayek, pilihan tempat keberangkatan, fasilitas, dan harga tiket, hingga pilih kursi hanya di Traveloka. (*)

BERITA REKOMENDASI