Tito Karnavian Dianggap Pas Jadi Mendagri, Ini Alasannya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Jenderal Tito Karnavian resmi mengundurkan diri sebagai Kapolri. Kuat dugaan Tito akan dijadikan menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

 

Dugaan itu diperkuat dengan kehadiran Tito ke Istana Negara saat Presiden Jokowi memanggil orang-orang yang akan dijadikan sebagai menteri.

Lembaga Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memprediksi Tito akan diberikan kursi sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Kapolri cocok untuk mendagri. Pendapat kami," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan kepada Okezone, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Edi menjelaskan, Presiden Jokowi membutuhkan figur yang profesional dan terbiasa memimpin dalam jangkuan yang lebih luas. Tito dinilai berhasil memimpin para Kapolda di 34 Provinsi Indonesia

"Harus bisa kerja bagus mengurus para pemetintah daerah," tutur Edi.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan pihaknya telah menerima surat resmi pengunduran diri Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Puan menjelaskan, sebelum rapat paripurna siang tadi pihaknya mendapatkan surat bernomor R51 tertanggal 21 Oktober 2019 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal permintaan persetujuan pemberhentian Tito. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI