TKI Tak Isolasi Mandiri, Siap-siap Dipidana

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Polri mewajibkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari luar negeri untuk melakukan isolasi diri secara mandiri saat tiba di tanah air sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Bila tidak melakukan isolasi mandiri, maka Polri akan menjerat mereka dengan pidana.

Karena itu, Polri akan melakukan pengawasan kepada TKI yang pulang ke Indonesia. Pengawasan itu sebagaimana perintah Kapolri Jenderal Idham Azis melalui Surat Telegram bernomor ST/1102/IV/HUK.7.1./2020 tanggal 4 April 2020.

“Ya benar, diharapkan ada isolasi diri,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono.

Dalam Surat telegram itu, jajaran reserse kriminal (reskrim) kepolisian seluruh Indonesia diminta untuk melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait ihwal dengan pemulangan TKI dari luar negeri. Beberapa di antaranya, seperti penyelenggara karantina kesehatan, BPBD, Dinas Kesehatan, dan Dinas Karantina.

Selain itu, Idham pun meminta agar pihak kepolisian melakukan koordinasi dengan wilayah-wilayah yang menjadi daerah transit ataupun tujuan bagi TKI yang berasal dari daerah luar.

“Pada pintu masuk pelabuhan, bandar udara, pos lintas batas darat, wajib mendampingi petugas kesehatan untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap penumpang yang baru tiba/TKI,” bunyi perintah Kapolri dalam surat telegram itu.

Dalam hal ini, Idham menegaskan agar prosedur penanganan kesehatan terhadap para TKI tersebut harus dijalankan sesuai dengan UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. (*)

BERITA REKOMENDASI