TNI AD Segera Gelar Latihan Tempur Bersama Militer Amerika

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA,KRJOGJA.com – TNI Angkatan Darat (AD) dan milter Amerika Serikat (AS) menggelar latihan perang bersama bertajuk Garuda Shield XV sepanjang 1-14 Agustus 2021.

Ini merupakan latihan perang TNI AD dan Tentara AS terbesar sepanjang sejarah. Latihan perang digelar di Baturaja, Sumatra Selatan; Amborawang, Kalimantan Timur; dan Makalisung, Sulawesi Utara.

Total ada 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 tentara Amerika Serikat yang ikut dalam Latma Garuda Shield ini. Selain itu, latma ini disebut sebagai yang terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer RI dan AS selama ini.

Uacara pembukaan Latma Garuda Shield ke-15 itu digelar di Baturaja, Rabu (4/8), dipimpin KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Commanding General US Army Pasific (USARPAC), General Charles A. Flynn selaku inspektur.

Andika menuturkan latihan ini merupakan pengalaman pertama terjun lintas negara yg tidak pernah dialami generasi sebelumnya.

“Bagi generasi muda yang tergabung dalam latihan ini, semoga melalui Garuda Shield akan membentuk prajurit-prajurit calon pemimpin TNI AD di masa depan yang profesional dan bertaraf internasional,” tutur Andika dalam keterangan tertulis tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI