TNI AL Cegah Pengiriman 20 TKI Ilegal ke Malaysia

MEDAN (KRjogja.com) – TNI AL berhasil menggagalkan keberangkatan 20 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di perairan Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut).

 

Komandan Lantamal 1, Brigjen TNI Marinir Widodo Dwi Purwanto mengatakan, operasi pencegahan TKI ilegal tersebut berawal dari unit intel yang mendapat informasi bahwa akan ada kapal dengan muatan TKI akan keluar menuju Negara Malaysia.

"Pada hari Jumat tanggal 2 september 2016, Patkamla SSG II -1-47 menemukan sebuah kapal tanpa nama yang mencurigakan disekitar perairan Tanjung Api (Tanjung Balai)," ujar Brigjen Widodo di Medan, Sabtu (3/9/2016).

Setelah diperiksa, diketahui nahkoda kapal bernama Sofyan (41). Dia dibantu seorang awak kapal bernana Athan (35) untuk mengantar 20 TKI ilegal ke Malaysia.

"Kapal tanpa nama tersebut bermuatan 20 TKI ilegal yang terdiri dari lima orang perempuan, 14 laki-laki dan satu balita. Mereka kemudian diamankan di Posal Bagan Asahan," tandas Widodo.

Untuk proses lebih lanjut, Lantamal 1 berkoordinasi dengan kantor imigrasi Kota Tanjung Balai untuk pemeriksaan TKI ilegal tersebut. (*)

TKI

BERITA REKOMENDASI