TNI AL Gelar Operasi Rutin di Natuna Utara

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Angkatan Laut Tentara Nasional Indonesia (TNI-AL) menyebut tak akan mengerahkan penjagaan ketat di kawasan Natuna Utara menanggapi situasi panas yang kembali terjadi di perairan Laut China Selatan (LCS).

Kawasan Laut China Selatan kembali memanas setelah Kapal Induk USS Theodore Roosevelt milik Angkatan Laut Amerika Serikat memasuki wilayah yang kini tengah menjadi sengketa itu.

Walhasil, China yang memang sejak awal mengklaim wilayah tersebut sebagai milik negaranya menyebut akan menggelar latihan perang di Laut China Selatan pekan ini.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispen AL) Laksamana TNI Julius Widjojono menyebut pihaknya hanya akan melakukan operasi rutin di wilayah Natuna Utara yang menjadi salah satu wilayah terdekat dari Laut China Selatan.

Operasi rutin itu memang telah dilakukan di wilayah Natuna Utara sejak lama. Meski begitu, Julius tak merinci berapa total personel yang akan dikerahkan pihaknya dalam operasi rutin ini. “(Personel) Dari Operasi Mandiri maupun gabungan Mabes TNI,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI