TNI AL Ikut Buru Buaya di Perairan Ancol

JAKARTA, KRjogja.com – Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL kini tengah memburu seekor buaya yang muncul di Dermaga Sunda Kelapa, Pondok Dayung, Jakarta Utara, tepatnya di perairan Ancol, pada Kamis, 14 Juni 2018. Pencarian itu dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair), serta prajurit satuan Koarmada I dan Polisi Air dan Udara (Polairud).

"Saat ini masih terus dilaksanakan pencarian dan penyisiran," Kadispen Koarmabar Letkol Laut Agung Nugroho saat dihubungi, Sabtu (16/6/2018).

Ia menegaskan, pencarian buaya dengan panjang sekira 2,5 meter itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Agung pun meminta masyarakat tetap tenang dengan memperhatikan keamanan dan keselamatan, menjauh dari lokasi munculnya buaya. Karena kawasan tersebut bukan kawasan umum, tetapi kawasan khusus pelabuhan dan Pangkalan militer.

"Kami terus melaksanakan pencarian dan penyisiran untuk memberikan rasa aman," ujarnya.

Sebelumnya, personel TNI AL sempat menembak hewan itu pada Jumat (15/6/2018). Setelah ditembak, hewan itu menghilang ke lautan.

“Setelah ditembak (untuk dilumpuhkan) buaya tersebut langsung tenggelam dan menghilang," katanya.

Sementara itu, Manager Corporate Communication Ancol Taman Impian Rika Lestari menyatakan, secara standar (SOP) pengamanan di area pantai telah dipasang jaring di area beach pool agar pengunjung nyaman. Selain itu tim pengaman pantai (life guard) terus berjaga 24 jam untuk mengawasi aktivitas di area pantai.

"Dan terus berkoordinasi dengan pihak Satuan Kopaska Pondok Dayung," tukasnya. (*) 

BERITA REKOMENDASI