TNI AU Pastikan Pesawat dalam Kondisi Layak Terbang

RIAU, KRJOGJA.com – Pesawat tempur TNI Angkatan Udara yang jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau dilaporkan dalam kondisi membaik. Bahkan riwayat pemeliharaan juga terjadwal.

“Kondisi pesawat baik. Riwayat pemeliharaan juga terjadwal. Kemudian ini adalah operasi rutin. Sudah terjadwal,” ujar Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, Marsekal Pertama Fajar Adriyanto.

Pesawat yang jatuh adalah Hawk 209 kursi tunggal dengan nomor registrasi TT-0209. Pilot pesawat adalah Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru. Saat ini sang pilot sedang dirawat di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru.

“Laporan tidak ada korban jiwa. Karena memang tidak mengenai rumah secara langsung. Tapi hanya sekitar perumahan. Itu di daerah tiga sampai empat kilometer dari ujung runway [Lanud TNI AU Roesmin Noerjadin],” tutur Marsma Fajar Adriyanto kepada BBC News Indonesia.

Dia menambahkan, pesawat kehilangan tenaga saat mau mendarat di ujung landasan pacu.

“Penerbangan ini mulai tadi pagi, ketika akan kembali mendarat, terjadi permasalahan. Kemudian pesawat akan jatuh, pilot memutuskan untuk eject [melontarkan diri keluar kokpit],” imbuh Marsma Fajar Adriyanto. Menurutnya, tidak ada korban jiwa dari kru maupun awak pesawat.

BERITA REKOMENDASI