TNI Bantu Padamkan Kebakaran Hutan Australia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya akan segera mengirim satu Satuan Setingkat Peleton (SST) untuk memadamkan kebakaran hutan yang tengah melanda Australia.

Satuan TNI yang akan dikirim ke Australia terdiri dari batalyon semi konstruksi Angkatan Darat, batalyon marinir dan dinas konstruksi dari Angkatan Udara. Mereka rencananya akan diberangkatkan pada 1 Februari 2020.

"Menggunakan pesawat Hercules TNI AU melalui Kupang. Dari Kupang akan terbang menuju Rosemount, lalu akan menggunakan jalan darat yang disediakan pemerintah Australia menuju Distrik Eden yang jaraknya kurang lebih 490 km lagi," kata Hadi.

Satuan ini, kata Hadi, telah mendapat wilayah tugas pemadaman berdasarkan hasil asesmen dari TNI dan BNPB. Lebih lanjut, Hadi memastikan pengiriman TNI ke Australia telah mendapat persetujuan dari DPR. Mereka akan diberangkatkan dari Lanud Halim. "Komisi I menyetujui dan tanggal 1 akan saya berangkatkan dari Halim segera ke Kupang menuju Australia," kata dia.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid mengatakan komisi menyetujui permintaan TNI untuk mengirimkan pasukan berdasarkan pertimbangan misi kemanusiaan. (*)

TNI

BERITA REKOMENDASI