TNI Bersama BPPT Modifikasi Cuaca, Kerahkan 3 Unit Pesawat

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dibantu TNI akan melakukan teknik modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi intensitas hujan di Jabodetabek mulai hari ini, Jumat (3/1/2020).

Kepala Pusdatin dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan, sejumlah strategi telah disiapkan BPPT untuk melakukan modifikasi cuaca tersebut sebagaimana diinformasikan Kepala Balao Besar TMC BPPT Dr. Trihandoko Seto. 

“BPPT sudah melakukan analisis pertumbuhan awan penyebab hujan di Jabodetabek. Awan-awan tersebut berasal dari sebelah barat dan barat laut Jabodetabek yaitu selat Sunda, Lampung, dan sekitarnya,” ucap Agus.

Untuk itu, pada hari ini sudah dilakukan persiapan baik pesawat maupun peralatan lainnya beserta bahan semai yang akan digunakan.

Operasi ini akan mengerahkan pesawat Casa (1 unit), CN-295 (1), dan 1 unit Hercules (opsional).

“Pagi hari dilakukan prediksi dan monitoring pertumbuhan dan pergerakan awan. Semua awan yang bergerak ke Jabodetabek dan diperkirakan akan hujan di Jabodetabek akan disemai dengan pesawat menggunakan bahan semai NaCl. Diharapkan, awan akan jatuh sebelum memasuki Jabodetabek,” jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI