Tokoh Muda Ini Berpeluang Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

JAKARTA (KRjogja.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan tidak akan maju lagi di pertarungan Pilpres 2019. Politikus Partai Golkar ini memilih untuk menjadi pendukung pencalonan kembali Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden untuk kali kedua.

Karena itu, sebagai bentuk dukungan, JK memberikan saran siapa tokoh yang tepat untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. JK juga berharap yang akan mendampingi Jokowi adalah tokoh-tokoh muda, karena Jokowi dinilai masih relatif muda.

Pengamat politik, Pangi Chaniago berpandangan banyak nama yang dianggap dapat membantu Jokowi di Pilpres 2019. Boleh dikatakan semua orang sedang mengemis kepada mantan Wali Kota Solo itu untuk menjadi pendampingnya. Namun, Jokowi juga harus memilih dengan tepat baik deri segi latar belakang politikus, pengusaha, dan lainnya.

Dari sejumlah nama, berikut tokoh muda yang diprediksi bakal bersaing merebut hati Jokowi untuk bersanding di Pilpres 2019.

Cak Imin

Cak Imin dinilai menjadi salah satu kriteria calon yang cukup bisa mewakili kaum muslimin, lantaran Ketua Umum PKB ini memiliki kedekatan dengan para santri, sehingga ungkapan bahwa Jokowi pendukung China itu salah.

Belakangan juga, Jokowi mengajak Cak Imin meresmikan proyek kereta cepat Bandara Soekarno Hatta. Disitu tampak, Cak Imin dan Jokowi sangat akrab sekail satu deretan kursi di dalam kereta.

Muhammad Romahurmuziy

Ketua Umum PPP ini juga dianggap salah satu calon yang cukup memungkinkan untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 lantaran partai yang dinahkodainya berlatarkan belakang partai Islam.

Belakangan, saat Presiden Jokowi menghadiri pondok pesantren Salafiyah Safiiyah Sukerejo, Situbondo, Jawa Timur, tampak ikut serta Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy mendampingi seharian penuh kegiatan kerjanya.

Kedekatan mereka membuat netizen langsung heboh. Terlebih kemesraan keduanya diperlihatkan ketika berada dalam satu pesawat bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan saling duduk berdekatan.

Jenderal Gatot Nurmantyo

Mantan anak buah Presiden Jokowi ini memiliki elektabilitas cukup tinggi untuk jadi pendamping mantan Wali Kota Solo ini di Pilpres 2019. Sejumlah hasil survei yang digelar, nama Jenderal Gatot selalu muncul dan bahkan memiliki presentasi cukup tinggi bila dipasangkan dengan Jokowi. Apalagi kiprahnya sebagai mantan Panglima TNI cukup kuat dikalangan militer. (*)

 

BERITA REKOMENDASI