Tol Cipularang Ramai Arus Balik

Editor: Ivan Aditya

BEKASI (KRjogja.com) – Lonjakan volume kendaraan yang melintas melalui ruas tol Cipularang (Purbaleunyi) pada H+2 Idulfitri, Sabtu (09/07/2016) mengakibatkan lalu lintas tersendat sejak KM 83. Antrean kendaraan yang mengisi tiga lajur arah Cikampek harus bergerak sangat pelan bahkan beberapa kali berhenti menunggu kendaraan di depannya bergerak.

Kondisi demikian berlanjut terus hingga Cikampek yang menjadi pertemuan arus kendaraan dari Cipularang dan Cipali. Ditambah kendaraan pemudik yang bermaksud mengakses tempat istirahat di KM 62, antrean kendaraan pun mengular panjang.

Menurut Humas PT Jasa Marga cabang tol Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto, kondisi itu pun mendorong Jasa Marga memberlakukan kebijakan contraflow. Contraflow diberlakukan sejak KM 64+600.

Kendaraan yang melaju di lajur paling kanan diarahkan melintas ke jalur seberang yang merupakan jalur arah Cikampek. Pada lajur cepat jalur Cikampek tersebut, petugas Jasa Marga dibantu kepolisian memasangi pembatas berupa kerucut jingga yang dipasang renggang.

Setelah pemberlakuan contraflow ini, volume kendaraan yang semula menumpuk padat di sekitar KM 60, sudah mulai terurai. Kendaraan pun bisa kembali melaju dengan kecepatan berkisar 60-70 kilometer per jam. Contraflow diberlakukan hingga KM 50.

Selain di area tersebut, kepadatan kendaraan juga terdeteksi di sekitar gerbang tol Cikarang Utama. Antrean di depan gardu memanjang sekitar 20-30 kendaraan. Iwan pun mengimbau pemudik arus balik arah Jakarta untuk keluar dari gerbang tol Cikarang Barat demi kelancaran transaksi tol. (*)

BERITA REKOMENDASI