Total Investasi Pemerintah di BUMN Capai Rp 2.397 T

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan total investasi pemerintah di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencapai Rp2.397 triliun. Angka itu terhitung hingga akhir 2019 lalu.

Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Meirijal Nur mengatakan total investasi itu bisa disebut juga sebagai nilai saham pemerintah di BUMN. Hal ini baik BUMN yang 100 persen sahamnya dimiliki pemerintah dan BUMN yang sebagian sahamnya sudah dilempar ke publik (Tbk).

“Dana sebesar Rp2.397 triliun itu total investasi di BUMN. Total kepemilikan pemerintah di BUMN,” ungkap Meirijal.

Meirijal mengungkapkan sebagian dana itu merupakan penyertaan modal negara (PMN) di BUMN. Jumlahnya sekitar Rp400 triliun sejak 2009. “Yang Rp400 triliun itu adalah total penambahan PMN yang sudah dilakukan sejak 2009 dan itu pun tidak hanya untuk BUMN tetapi juga untuk badan layanan umum (BLU) segala,” tutur Meirijal.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatawarta menekankan bahwa Rp2.397 triliun bukan hanya berisi PMN. Namun, ada ekuitas pemerintah yang dikembangkan bertahun-tahun di BUMN. “Segala saham itu nilainya sudah terakumulasi menjadi Rp2.397 triliun,” kata Isa.

Sementara, pemerintah kembali memberikan PMN kepada sejumlah BUMN tahun depan. Jumlahnya sebesar Rp42,38 triliun. (*)

BERITA REKOMENDASI