Tour de Singkarak Digelar 16-24 Agustus 2014

JAKARTA (KRjogja.com) – Lomba balap sepeda internasonal Tour de Singkarak (TdS) 2016 untuk kembali kedelapan kembali digelar di Sumbar pada 6-14 Agustus 2016 mendatang.

"Penyelenggaraan TdS 2016 sebagai momentum yang efektif untuk memprosikan potensi pariwisata Sumbar sebagai Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia yang akan mendatangkan kunjungan wisatawan serta meningkatkan ekonomi secara langsung  (direct economic and tourism) bagi masyarakat daerah," kata. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada peluncuran Tour de Singkarak (TdS) di Jakarta, Senin (25/07/2016) malam.

Menurut Arief, dampak ekonomi langsung (direct impact) dari penyelenggaraan TdS 2016 yang akan diikuti 23 tim terdiri; 18 tim internasional (di antaranya dari; Malaysia, Singapura, Swis, Laos, Taiwan, Jepang, Korea, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Filipina, Hongkong dan Kenya). Lima tim nasional atau total 230 perserta  dan officials minimal akan terjadi pengeluaran  untuk akomodasi, transportasi, dan makanan.

"Sisi lain gencarnya pemberitaan TdS 2016 akan memiliki media value yang tinggi," kata Arief Yahya seraya mengatakan, direct impact  dan media value yang tinggi tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Kemenpar gencar mendorong kegiatan sport tourism internasional di Tanah Air seperti; TdS,  Tour de Banyuwangi Ijen ,  Tour de Bintan (TdB), Tour de Flores (TdF). Lalu, Musi Tributon, Jakarta Marathon, maupun sebagi tuan rumah penyelenggaraan ajang olahraga internasional  MotoGP  2017 dan Asia Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 2018 mendatang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, penyelenggaraan TdS memberikan kontribusi yang besar bagi percepatan pertumbuhan dan pengembangan wilayah dan pengembangan kepariwisataan di Sumbar serta kabupaten/ kota yang ada di dalamnya. "Selama 8 tahun terakhir ini pembangunan infrastruktur, sarana prasarana, usaha dan fasilitas pariwisata di berbagai daerah di Sumbar mengalami peningkatan yang pesat," paparnya. (Lmg)

 

BERITA REKOMENDASI