Trump Tak Akan Serang Balik Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan mundur dari konfrontasi militer dengan Iran. Hal itu disampaikan Trump dalam pidato di Gedung Putih. Menurut Trump, AS memang memiliki kekuatan militer terbaik, namun itu bukan berarti mereka akan menyerang balik Iran. Kata dia, AS tidak mencari gara-gara untuk perang.

"Rudal kami besar, kuat, akurat, mematikan, dan cepat. Fakta kami memiliki peralatan dan militer yang hebat, tetapi itu tidak berarti kami harus menggunakannya. Kami tidak ingin menggunakannya," kata Trump.

Komentar Trump itu mendinginkan situasi di tengah kekhawatiran akan terjadi konflik terbuka antara AS dan Iran. Selain itu, Trump melihat Iran juga akan mundur dari konfrontasi tersebut usai serangan rudal dan roket yang mereka luncurkan tak memakan korban.

"Semua prajurit kami selamat dan hanya kerusakan kecil yang terjadi di pangkalan militer kami. Pasukan kami hebat, dan siap untuk apa pun," kata Trump.

Meski demikian, Trump mengaku akan menjatuhkan sanksi ekonomi baru kepada Iran. Dia juga menegaskan tetap melarang Iran untuk mengembangkan senjata nuklir. (*)

BERITA REKOMENDASI