Try Sutrisno Dikabarkan Meninggal Dunia, Benar Atau Hoax?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kabar hoax meninggalnya Try Sutrisno membuat resah anggota Gerakan Pramuka di berbagai daerah. Try Sutrisno dan istrinya Tuti Setiawati selama ini selalu hadir dalam berbagai kegiatan Pramuka. Rumahnya di Menteng, Jakarta Pusat juga sering didatangi Pramuka dan beberapa kali dijadikan tempat rapat.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengatakan, pagi-pagi kami dikejutkan dengan berita di grup wa, jelas kami resah, karena selama ini Kak Try Sutrisno dan Kak Tuti sangat dekat dengan Gerakan Pramuka. Kak Try selalu pakai hasduk, sementara istri beliau Kak Tuti selalu menggunakan seragam Pramuka.

"Kami tentu, resah, kaget, dan sangat sedih mendengar kabar ini, ternyata hoaks. Kak Try Sutrisno dan istrinya Kak Tuti Sutiawati adalah senior dan panutan kami di Gerakan Pramuka. Berkali-kali Kwarnas Gerakan Pramuka mengundang Kak Try Sutrisno, tidak pernah sekalipun beliau tidak hadir," ujar Adhyaksa di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (15/01/2018).

"Apapun kondisinya, bagaimanapun cuacanya beliau selalu datang di kegiatan Pramuka. Saat Jambore Nasional tahun 2016, situasinya hujan dan angin kencang, beliau juga tetap hadir di Bumi Perkemahan Cibubur. Pukul 23.00 malam barulah beliau pulang setelah berkeliling bumi perkemahan dan bertemu adik-adik Pramuka," tambahnya.

Menurut Adhyaksa, cintanya Kak Try Sutrisno dengan Gerakan Pramuka sudah tidak diragukan lagi. "Beliau sering mengatakan, saya ini Try Sutrisno ibarat handphone dan anak-anak Pramuka adalah chargernya. Jadi, setelah pulang mengisi kegiatan Pramuka saya merasa makin muda, walau usia saya sekarang sudah 81 tahun," jelas Adhyaksa.  

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Susi Yuliati mengatakan, Try Sutrisno hadir di acara reuni Pramuka Gugu Depan 437-438 Surapati di SD Kartika VIII-2 (RIA), Kompleks Bulak Rantai, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (14/1/2018). Meski sudah sepuh, Try bahkan masih terlihat sehat penuh semangat.

"Kak Try Sutrisno sehat, beliau kemarin ikut reuni di Gudep kami. Beliau bahkan masih terlihat semangat memberikan motivasi kepada kami," ujar Susi saat dihubungi.

Menurutnya Susi, yang meninggal dunia sebenarnya adalah tetangga Try Sutrisno yang persis di depan rumahnya. Namun, rumah Try yang berada di Bambu Apus ditempati anaknya. Sementara Try bersama istri tinggal di Menteng, Jakarta Pusat.

"Yang meninggal itu tetangga di depan rumah Pak Try. Meninggal di London dan tiba tadi malam. Rumah Pak Try  ditempati Putra Pak Try. Kalau Pak Try kan tinggalnya di Menteng bukan di Bambu Apus. Memang bunga-bunga duka cita dari semalam sudah berdatangan penuh sampai ke tempat pak Try. Namun itu bukan Pak Try," jelasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI