Tumbuhkan Cinta Karanganyar, Komunitas Sisir Obyek Wisata di Empat Penjuru

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Sebanyak 80 anggota relawan Gerakan Aspirasi Muda Lawu (Gardal) menjelajah seluruh obyek wisata historis dan kekinian di Karanganyar, Minggu . Tujuannya menggairahkan kembali kunjungan wisata dan menawarkan solusi pembenahan obyek itu ke pemerintah. 

"Dilihat kasus paling dekat saja. Outbound siswa Karanganyar malah ke luar kota. Padahal di sini tersedia semua yang dibutuhkan. Mau wisata alam, religi, sejarah, dan outbound. Ada semua," kata Komandan Gardal Karanganyar, Ananda Novel. 

Touring para pegiat komunitas dibagi empat kelompok. Yakni menuju ke utara, selatan, timur dan barat seperti di Puri Taman Saraswati, Candi Cetho, Candi Sukuh, Grojogan Sewu, Kebun Teh Kemuning dan sebagainya. Novel mengatakan, situs purbakala di Dayu, Gondangrejo akan dikunjungi di kesempatan lain. 

"Gaungnya harus dari Karanganyar, oleh Karanganyar dan untuk Karanganyar. Kembangkan dulu dan dukung pengembangan pariwisata Karanganyar. Kalau bukan kita, siapa lagi?" katanya. 
Ia melihat obyek wisata religi di Karanganyar masih sepi dan belum dikelola maksimal. Seperti Pura Pamacekan atau Pura Pasek di Karangpandan yang ramai saat upacara keagamaan. Novel menilai, pemberdayaan UMKM di sekitar pura bakal lebih meramaikan kunjungan yang tak sekadar untuk religi. 

"UMKM di Pamacekan harus ditumbuhkan. Supaya pengunjung lebih banyak memiliki pilihan," jelasnya. 

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengaku tumbuhnya kawasan wisata milenial makin meramaikan destinasi di Karanganyar. Pasalnya, kaum milenial adalah target konsumen yang juga sekaligus sebagai agen promosi destinasi wisata. Tak hanya obyek wisata, namun juga kuliner kekinian. 

“Kalau menjamur ya saya mendukung. Soalnya tidak dimungkiri milenial itu target utama yang potensial juga yang kami sasar. Kalau ada banyak fasilitas pendukungnya termasuk restorannya, tentu akan meningkatkan nilai jual. Karena orang berwisata itu kan mencari pemandangan, udara segar dan mengabadikannya melalui foto. Jadi tentu kami akan terus mendukung hal tersebut,” tutur dia. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI