Tumbuhkan Kreativitas, Kemendikbud adakan Pusaka 2020

JAKARTA, KRJOGJA.com – Guna menumbuhkan kreativitas, Kemendikbud gelar Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2020. Ini sebagai wujud dukungan dalam membangun kreativitas sekaligus menumbuhkan karakter generasi muda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2020.

Kepala Puspeka Hendarman,di Jakarta ,Rabu (9/12 2020 menjelaskan dengan adanya kegiatan PUSAKA 2020 dapat memberikan ruang untuk berbagi pesan positif mengenai penguatan karakter melalui karya orisinil yang berkualitas.

“Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan penguatan karakter pada Tri Sentra Pendidikan secara lebih luas, dan memberikan penguatan karakter dengan cara berbeda serta lebih menarik. Kegiatan ini memberikan wadah dan ruang ekspresi bagi sahabat karakter dalam menyampaikan materi penguatan karakter,” kata Hendarman.

Herdarman menjelaskan kegiatan PUSAKA akan ada beberapa rangkaian kegiatan yaitu Seminar Virtual Nasional Pusaka, Pameran Virtual, Parade Aksi, serta Malam Apresiasi bagi Sahabat Karakater. Rangkaian kegiatan tersebut akan diisi oleh narasumber dan pengisi acara dari narasumber yang ahli dibidangnya dan diacara malam prestasi akan diisi oleh artis ibukota.

Untuk Seminar Virtual Nasional Pusaka akan diadakan pada 10 Desember 2020 dengan tema utama “Generasi Cerdas Berkarakter, Indonesia Maju Bermartabat”. Tema utama tersebut dibagi ke dalam tiga subtema untuk tiga sesi seminar.

Pertama, “Pendidikan dan Kebudayaan Bersinergi Untuk Indonesia Maju” untuk sesi satu dengan sasaran pendidik dan pelaku budaya. Kedua, “Pelajar dan Identitasnya Sebagai Profil Pelajar Pancasila” untuk sesi dua dengan sasaran peserta didik. Ketiga yaitu “Mewujudkan Keluarga Cerdas Berkarakter” untuk sesi tiga sasarannya orangtua peserta didik.

Pada acara seminar virtual ini akan dibuka oleh Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Keynote speaker, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

Adapun untuk pameran virtual akan dapat dinikmati oleh masyarakat mulai tanggal 10 – 12 Desember 2020, yang menampilkan karya-karya dalam bentuk poster, komik, video iklan layanan masyarakat, dan foto-foto kegiatan Puspeka saat melakukan kegiatan dengan sahabat karakter. Di dalam salah satu ruangnya, pengunjung pameran virtual ini dapat bermain game karakter 4 Sahabat yang melakukan petualangan. Keempatnya pun bisa bernyanyi dengan lagu-lagu karakter.

Bukan hanya itu, dalam pameran virtual pengunjung bisa melakukan konsultasi tentang penguatan karakter dengan psikolog terpercaya. (Ati)

BERITA REKOMENDASI