Tumpak Hatorangan Bantah Kehadiran Dewan Pengawas Hambat KPK

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) membantah kehadirannya menghambat proses penanganan perkara yang sedang dikerjakan oleh penyidik KPK. Ketua Dewan Pengawas, Tumpak Hatorangan Panggabean menegaskan penerbitan izin penyadapan, penggeledahan dan penyitaan, diproses dalam waktu 1×24 jam.

Ia mempertegas pernyataannya dengan memberi contoh saat penggeledahan terkait perkara yang menjerat komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, yang hanya butuh waktu beberapa jam saja.

"Enggak usah khawatir. Omong kosong orang bilang dewas itu memperlama-lama (kerja KPK). Enggak ada itu, enggak ada. Contohnya (penggeledahan) di KPU cuma beberapa jam saja," kata Tumpak.

Tumpak menyatakan keberadaan dewas guna memastikan KPK bekerja sesuai prosedur. Ia berujar pihaknya juga sudah menemui Deputi Penindakan KPK dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) guna membahas perizinan tersebut. Bahkan, kata dia, pihaknya siap memproses surat pengajuan izin meskipun masuk di waktu libur.

"Mungkin saja kalau memang itu dipandang perlu. Kalau perlu benar ini digeledah, silakan saja ajukan. Kita sudah sepakati bagaimana prosedur meminta izin, bagaimana mengeluarkan izin dan itu sama sekali tidak menghambat," katanya. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI