Turnamen Mancing Internasional Digelar di Maluku Utara

JAKARTA, KRJOGJA.com – Turnamen mancing tingkat internasional terbesar di Indonesia akan  digelar Kepulauan Widi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara mulai tanggal 25 hingga 29 Oktober 2017. Turnamen bertajuk Widi International Fishing Tournament 2017 (WIFT) ini terbuka untuk umum untuk memperebutkan piala Presiden RI.
 
Ketua Panita Pelaksana WIFT Rohmin Dahuri menjelaskan, pelaksanaan turnamen mancing ini akan mengikuti standar internasional yang sudah ditetapkan Internastional Game Fish Association (IGFA) dan The Billfish Foundation (TBF). Dengan aturan tersebut, para peserta hanya dibolehkan mamancing beberapa spesies ikan tertentu saja.

"Ikan yang dipersyaratkan, baik dari kelompok billfish dan non billfish, seperti tuna sampai cakalang ada sepanjang tahun di sana (Kepulauan Widi). Kalau di daerah lain keberadaan ikan-ikan itu ada musimnya,” kata Rohmin Dahuri, saat menggelar konferensi pers peluncuran WIFT 2017, di Jakarta, Minggu (04/06/2017) malam.
 
Dengan menggandeng berbagai komunitas mancing tingkat nasional maupun internasional, ajang WIFT 2017 ini diharapkan akan diikuti oleh sedikitnya 300 pemancing profesional. Sejauh ini, sudah ada 88 tim yang telah mendaftar, termasuk 12 dari asing. “Selain ASEAN, ada dari Jepang, Australia, Korea Selatan, Spanyol dan Amerika Serikat,” jelas Rohmin.

Kepulauan Widi dipercaya menjadi tuan rumah karena merupakan salah satu obyek wisata bahari andalan dari Kabupaten Halmahera Selatan. “Wilayah kami juga dikenal sebagai lumbung ikan, khususnya Tuna Sirip Kuning (Yellow Fin Tuna) dan Tuna Gigi Anjing (Dogtooth Tuna). Kami percaya aneka ragam jenis tuna tadi akan menjadi hasil tangkapan yang memberi kepuasan bagi para mancing mania,” kata Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba menambahkan.

Abdul Gani berjanji akan memberikan pengalaman berbeda kepada peserta WIFT 2017 maupun turis yang datang nanti. Seluruh tamu bakal menumpang rumah penduduk selama kejuaraan dan dapat menikmati hasil pertanian di sana. (Imd)

BERITA REKOMENDASI