Turunkan Angka Kemiskinan, Ini Program Pemerintah Tahun 2017

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah menargetkan angka kemiskinan sekitar 9,5-10,5 persen pada 2017.‎ Angka ini sedikit menurun dari perkiraan capaian 2016 di 10,6 persen.

Kementerian PPN/Bappenas mengeluarkan beberapa program yang dinilai ampuh untuk menurunkan angka kemiskinan itu. Keseluruhan program tersebut intinya berupa peningkatan akses masyarakat terhadap layanan dasar.

"Pertama, pemerintah coba adakan penyediaan hunian baru dan perbaikan permukiman sebanyak 722.800 unit untuk masyarakat berpenghasilan rendah," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam keterangannya, Senin (5/9/2016) malam.

Diharapkan dengan penyediaan rumah murah dapat mengurangi backlog perumahan yang saat ini masih 13,5 juta unit.

Kedua, pemerintah juga akan meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan di puskesmas di 257 kabupaten tertinggal pada 2017. Selain itu mutu puskesmas yang akan ditingkatkan sebanyak 300 puskesmas.

Ketiga, pemerintah juga terus meningkatkan akses dan penyediaan air bersih bagi masyarakat. Air besih menjadi kebutuhan dasar masyarakat jika harus dikaitkan dengan tingkat kesehatan masing-masing individu.

Keempat, akses pendidikan di 6.961 desa di Indonesia akan ditingkatkan. Kelima, pemerintah menargetkan 75 persen masyarakat kurang mampu dan rentan miskin sudah memiliki akta kelahiran.

"Sedangkan keenam karena listrik itu jadi salah satu hal yang paling penting‎, kita akan tingkatkan akses penerangan di 46 kabupaten tertinggal," ujar Bambang. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI