Uang Pensiun PNS Diberikan Iuran Pasti

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengaku tengah mempersiapkan reformasi pada sistem pensiunan PNS. Reformasi itu mengubah skema pensiunan PNS dari pay as you go atau yang memberikan manfaat pasti menjadi fully funded berupa iuran pasti.

“Kerangka UU 5 Tahun 2014 (tentang ASN), khususnya terkait pemberian jaminan pensiun, pemerintah akan reformasi sistem pensiun berdasarkan iuran pasti,” ujar Tjahjo.

Ia menuturkan pemerintah telah membahas reformasi pensiunan PNS tersebut awal tahun lalu. Namun, pembahasannya belum berlanjut karena pandemi covid-19.

“Sebenarnya pada awal Januari 2020 sudah ada inisiatif rapat Menteri Keuangan undang Menteri Dalam Negeri dan, kami bahas detail ini. Tapi, kemudian ada pandemi, sehingga konsentrasi anggaran ditujukan untuk infrastruktur kesehatan dan bantuan sosial sehingga belum sempat dibahas tuntas,” katanya.

Selain PNS, Tjahjo menuturkan pemerintah juga telah menjamin kesejahteraan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau pegawai kontrak. Salah satunya, memberikan jaminan hari tua bagi PPPK. (*)

BERITA REKOMENDASI