Ucapkan Selamat Trump, Presiden Adakan Konpers

JAKARTA (KRjogja.com) – Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar konferensi pers (konpers) untuk memberikan selamat pada pemenang Pilpres Amerika Serikat (AS) 2016. Sejauh ini, berdasarkan hasil hitung cepat, Donald Trump dari Partai Republik dinyatakan memenangi pemilihan. 

"Akan mengadakan (konferensi pers), hari ini rencananya," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (9/11/2016). Pramono juga menegaskan, siapa pun Presiden terpilih AS tak akan mengubah hubungan baik antara Indonesia-AS. Pasalnya, secara geopolitik, geo-strategis dan juga hubungan bisnis perdagangan, Indonesia pasti sangat menarik bagi Amerika. 
"Dan kita juga tahu Indonesia mempunyai sejarah yang cukup panjang dengan Amerika dalam hubungan politik, perdagangan, bisnis, sos-bud. Dengan demikian kami melihat tidak akan ada pengaruh terhadap kemenangan Trump ini," jelasnya. 

Mengenai kekhawatiran berbagai pihak terpilihnya Trump akan merenganggakan hubungan AS dengan dunia Islam, Pramono meyakini akan ada penyesuaian-penyesuaian yang  dilakukan kedua pemimpin masing-masing negara. "Ya dalam hubungan internasional, pasti ada penyesuaian antara sebelum dan setelah terpilih. Sehingga kami tidak khwatir terhadap hal itu," tandasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI