UGM Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak sembilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 sebagai Badan Publik (BP) Informatif. Sementara sembilan PTN lainnya masuk dalam kategori BP Menuju Informatif. Perolehan status tersebut berkaitan dengan penerapan dan pelaksanaan keterbukaan informasi publik sesuai amanah Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Penilaian didapatkan dari hasil monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat sepanjang tahun 2020. Dari hasil monev yang disampaikan pada Rabu (25/11), kategori BP Informatif terdapat 17,43% (60 BP) dan Menuju Informatif 9,77% (34 BP) yang dinilai telah melaksanakan UU KIP. Adapun PTN yang termasuk dalam kategori BP Informatif tersebut ialah Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Udayana, dan Universitas Indonesia.

Sementara itu, PTN yang masuk dalam kategori Menuju Informatif yaitu Universitas Negeri Padang, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Sriwijaya, ISBI Bandung, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Bengkulu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Institut Teknologi Bandung, dan ISI Denpasar.

Berkaitan dengan hal tersebut, Direktur Jenderal pendidikan Tinggi, Nizam di Jakarta,Kamis (26/11 2020) menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya kepada PTN yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik dan dinilai memenuhi kualifikasi informatif. Meskipun dipenuhi dinamika pandemi Covid-19, namun PTN-PTN tersebut tetap menunjukkan kerja keras dan komitmennya dalam memberikan informasi publik dengan cepat dan mudah.

UGM

BERITA REKOMENDASI