UN Women 2021: Community Engagement & Partnership, Prestasi BRI Dukung Kesetaraan Gender

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebagai bank terbesar dengan jaringan terluas se-Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga memiliki segudang prestasi, baik dari sisi perbankan, maupun dari sisi pelayanan.

Prestasi terkini yang ditorehkan BRI, yakni meraih penghargaan UN Women 2021 Indonesia WEPs (Women’s Empowerment Principles)Awards, kategori Community Engagement and Partnership karenakiprahnya yang mendukung kesetaraan gender, pada Jumat 22 Oktober 2021.

Penghargaan tersebut diraih BRI dalam ajang tahunan dalam rangkaianUN Women 2021 Asia Pasific WEPs Awards yang diselenggarakan olehWeEmpowerAsia.

BRI meraih apresiasi pada kategori Community Engagement &  Partnership berkat dukungan kesetaraan gender perseroan pada Female Agent BRI Link and Local Women Heroes. Acara tersebut adalah penghargaan pertama di kawasan Asia Pasifik yang mengapresiasi praktik bisnis yang positif dan inspiratif untuk kesetaraangender yang selaras dengan prinsip pemberdayaan perempuan.

Ajang tersebut merupakan program bersama antara UN Women dan UniEropa dengan tujuan meningkatkan budaya bisnis inklusif gender danmenciptakan ekonomi yang lebih inklusif serta adil di Asia-Pasifik jugaEropa.

Terkait prestasi yang ditorehkan BRI tersebut, Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mengatakan perseroan senantiasa mendukung danmempraktikan keadilan dan kesetaran gender dalam organisasi.

Dalam budaya kerja-nya, kata Agus, BRI sangat menghargai perbedaantermasuk dalam hal gender. Hal itu menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif dalamtubuh perseroan.

“Penghargaan ini tentunya ditujukan untuk semua Insan BRILian. Apa yang kami upayakan selama ini untuk budaya kerja yang adil, dan menghargaiperbedaan termasuk dalam hal kesetaraan gender ternyata mendapatapresiasi positif dalam ajang ini. Tentu saja penghargaan ini akan menjadimotivasi Insan BRILian untuk selalu menjunjung keadilan dan menghargaisetiap perbedaan,” ujarnya.

Dukungan BRI terhadap kesetaraan gender terlihat pula dalam komposisi pekerjanya. Rerata komposisinya untuk pekerja perempuan adalah 42,36% dan pria57,64%. Mengutip data penerimaan SDM perseroan, pada 2018 pekerjaperempuan mencapai 38.663 dan pria 51.281 orang. Pada 2019, pekerja perempuan sebanyak 39.323 dan pria 52.297.

Adapun tahun lalu pekerja perempuan mencapai 37.354 dan priasebanyak 50.830 orang.

“Dengan penghargaan ini kami turut bangga telah turutmewujudkan ekonomi yang inklusif dan adil. Kami berkomitmen akanterlibat langsung dan berkolaborasi dengan berbagai pihakdalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaanperempuan dalam menjalankan bisnis,” imbuhnya. (*)

BERITA REKOMENDASI