Unair Klaim Temukan Obat Corona

Editor: Ivan Aditya

SURABAYA, KRJOGJA.com – Para peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengaku telah menemukan 5 jenis senyawa yang diklaim bisa menjadi obat virus corona Covid-19.

Rektor Unair, Mohammad Nasih bahkan mengklaim 5 senyawa itu memiliki daya ikat kepada virus lebih kuat dibandingkan Avigan dan obat malaria Chloroquine yang sebelumnya diborong oleh Presiden Joko Widodo demi mengobati pasien corona.

“Saat ini kami sudah memperoleh 5 senyawa yg menurut hasil riset kami Insya Allah lebih kuat ikatannya dibandingkan dengan Chloroquine untuk penangan Covid-19,” kata Nasih.

Sayangnya Nasih mengatakan obat tersebut tak bisa langsung diproduksi secara massal, lantaran masih harus melewati tahapan-tahapan pengujian.

“Tapi tidak bisa langsung memproses karena masih ada 2 tahapan yang harus dilakukan,” ujarnya.

Nasih menjelaskan dalam waktu dekat hasil penelitian Unair terhadap 5 senyawa ini sebagai obat corona, akan dituangkan dalam sebuah jurnal ilmiah dan dipublikasi secara internasional.

Dengan demikian, para peneliti di dunia bisa menguji kredibilitas penelitian 5 senyawa tersebut, dengan mengoreksi dan memberi masukan untuk mencapai keabsahan hasil penelitian. (*)

BERITA REKOMENDASI